Tentang kami

Pusat Pengkajian Islam Demokrasi dan Perdamaian

(PusPIDeP) adalah lembaga profesional yang bergerak di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. PusPIDeP mempunyai komitmen kuat dalam melakukan penelitian, advokasi, diseminasi dan publikasi terkait topik-topik keislaman dan demokrasi serta berpartisipasi aktif dalam mengupayakan perdamaian dan dialog antar iman. Untuk itu, PusPIDeP membuka diri untuk bekerja sama dengan pihak-pihak terkait baik dari dalam maupun luar negeri.


  • Konsentrasi Keislaman
  • Konsentrasi Demokrasi
  • Konsentrasi Generasi Millenial
History

PusPIDeP merupakan lembaga penelitian dan advokasi independen yang bertujuan untuk mengkaji isu isu keislaman, demokrasi dan kemanusiaan.

What we do?
PusPIDeP merupakan lembaga penelitian dan advokasi independen yang bertujuan untuk mengkaji isu-isu keislaman, demokrasi dan kemanusiaan. PusPIDeP berkomitmen untuk menanamkan dan memperkuat nilai-nilai sosial demokrasi dan perdamaian dalam masyarakat dengan mengadakan kegiatan penelitian, pengkajian, seminar, pelatihan, pendampingan, resolusi konflik serta publikasi.
Visi
Visi PusPIDeP adalah menciptakan kehidupan sosial dan masyarakat Indonesia berdasarkan pada nilai-nilai kebangsaan, keagamaan, dan kemanusiaan, serta turut berkontribusi untuk menciptakan masyarakat Muslim yang bermartabat dan berkeadaban dengan mengintegrasikan gagasan keislaman, kebangsaan dan demokrasi.
Misi
Untuk mewujudkan visi tersebut, PusPIDeP memandang perlu untuk mengambil langkah-langkah strategis dengan:
  1. Mengadakan penelitian sosial dan pemberdayaan masyarakat dalam isu kajian Islam, kajian agama.
  2. Melaksanakan pelatihan dan pendidikan masyarakat dalam rangka penenaman dan penguatan nilai-nilai demokrasi dan perdamaian.
  3. Mendorong peran pemeluk agama dan masyarakat dalam demokrasi, serta peran pemeluk agama dan masyarakat dalam menciptakan dan menjaga perdamaian dalam semua lingkup kehidupan.
  4. Mengadakan pelatihan dan pendampingan manajemen dan resolusi konflik di masyarakat dalam rangka penanaman dan penguatan demokrasi dan perdamaian.
  5. Menjembatani jarak antara kajian-kajian akademik, aspirasi masarakat dan arah kebijakan pemerintah dalam upaya ikut merumuskan rekomendasi kebijakan dalam bidang keislaman, demokrasi dan perdamaian.
Get in touch
Telepon
02744399482
Alamat
Jl. Gurami No. 51 Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY.